Tutorial Web View App Iventor
Artikel

Tutorial Web View App Iventor

Baik berjumpa lagi dengan layarkertasdigital.cm kali ini kita akan membahas tentang webview. Teman teman pasti sudah pernah melihat aplikasi android kan. Jelas kerena kita hidup di era digital dan android. Nah tapi pernahkan teman teman berpikir untuk membuat aplikasi android. Memikirkannya saja mungkin sudah pusingnnya hehe. Namun ada cara yang lebih praktis dalam membuat aplikasi android tanpa harus mempeljari bahasa pemorgraman android seperti JAVA, C, C# dan lain lain.

Carannya ialah setidaknnya teman teman bisa mengusai bahasa pemograman Web. Bagaimana cara kita mengkonvert bahasa web ke dalam android. Nah carannya dengan menggunakan fitur yang diberi bama Webviewer. Apa sih sebenarnnya web view.

Web View adalah sebuah class pada Android yang bisa menampilkan dan menjalankan segala pemograman yang berbasiskan html php css javascript di dalam mobole applikasi. Sederhanannya webview ini seperti browser tapi versi androidnnya akan tetapi kita tidak perlu lagi menuliskan addres alamat atau link website di dalamnnya.

Dengan menggunakan fitur ini kita bisa dimudahkan membuat sebuah applikasi android tanpa harus memeplajari bahasa pemograman android. Tetepi dengan syarat kita bisa bahasa pemograman web. Jadi untuk menggunakan webview setidaknnya kita harus bisa bahasa pemograman web.

Untuk membuat webview banyak sekali menin pembangun aplikasi yang menyediakannya seperti android stuio eclipse dan xmarin. Akan tetapi kita tidak akan menggunakan aplikasi tenar itu. Yanang akan kita gunakan adalah aplikasi yang bernama MIT App Iventor. Sudah pernah mendengar nama software engine ini.

MIT App Iventor adalah ingkungan pengembangan terintegrasi aplikasi web yang awalnya disediakan oleh Google, dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Hal ini memungkinkan pendatang baru ke pemrograman komputer untuk membuat perangkat lunak aplikasi (aplikasi) untuk dua sistem operasi (OS): Android (sistem operasi) | Android, dan iOS, yang, pada 8 Juli 2019, sedang dalam pengujian beta akhir. Ini adalah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka yang dirilis di bawah Multi-lisensi | lisensi ganda: Lisensi Creative Commons Atribusi ShareAlike 3.0 Unported, dan Apache License 2.0 untuk kode sumber.

App Inventor dan proyek-proyek yang menjadi basisnya diinformasikan oleh teori pembelajaran konstruksionis, yang menekankan bahwa pemrograman dapat menjadi wahana untuk melibatkan ide-ide yang kuat melalui pembelajaran aktif. Karena itu, ini adalah bagian dari gerakan komputer dan pendidikan yang dimulai dengan karya Seymour Papert dan MIT Logo Group pada 1960-an, dan juga memanifestasikan dirinya dengan karya Mitchel Resnick tentang Lego Mindstorms dan StarLogo.

Ini tampilan awal Mit App Iventor

Sedangkan proses pembuatan aplikasinnya menggunakan system penyusunan Block logika

  1. Platte berisikan semua fitur yang bisa kita gunakan untuk membuat applikasi kita
  2. View berfungsi untuk menampilkan desain aplikasi kita seperti canvas
  3. Comppanet adalah untuk menampilkan fitur yang kita masukan kedalam canvas kita
  • Propertis pengaturan untuk mengatur segalannya mulai dari scene kita block kita

Baik untuk melihat bagaimana Webview bekerja teman teman bisa saksikan sepeti video dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *