Apa itu API dalam istilah sederhana_
Artikel

Apa Itu API ?

Apa Sih yang dimaksud dengan Api

Sederhannya API merupakan messenger yang menerima permintaan, menerjemahkan, dan mengembalikan respons. Saat anda pergi ke rumah makan, kemudia memesan sebuah menu makanan, pelayan mengambil pesanan Anda yang kemudian menyampaikannya ke dapur, lalu kembali degan membawa makanan pesanan anda. Dalam skenario itu, pelayan bertindak sebagai API, atau perantara.

Pengertian secara Komputer

API adalah singkatan dari Application program interaction atau antarmuka pemrograman aplikasi. Ini memungkinkan dua aplikasi untuk saling berkomunikasi dan mengakses data. Setiap tindakan yang Anda lakukan pada ponsel Anda, seperti mengirim pesan langsung atau memeriksa skor pertandingan sepakbola, menggunakan API untuk mengakses dan mengirimkan informasi itu.

Bagai mana API Bekerja



API umumnya membutuhkan sebuah kunci. Lihatlah dokumentasi API untuk instruksi dan persyaratan akses. Cara termudah untuk menggunakan API adalah dengan menggunakan klien HTTP online untuk membantu menyusun permintaan. Anda juga dapat mengikuti dokumentasi API yang ada untuk membuat URL untuk menarik data di dalam browser Anda.

Di satu sisi, pengembang “menghubungkan” ke API untuk mengakses aset tertentu untuk pengguna terakhir. Dan biasannya  API bertindak seusai dengan program yang telah diprogram oleh pemrogremer.

API ada di belakang layar, tetapi mereka sebagian besar bertanggung jawab atas semua interaktivitas yang kita harapkan di layar depan. API dapat mempercepat proses pengembangan aplikasi, yang dapat membantu mengurangi baget kita dalam membuat applikasi.

Koondisi seperti apa yang mengharuskan kita membuat API

Penting untuk diingat bahwa pengembang menggunakan API dari layanan lain, tetapi mereka juga dapat membangunnya untuk layanan mereka sendiri. Pengembang Uber pada awalnya hanya mengandalkan Google Maps API untuk layanan lokasi. Akan tetapi untuk saat ini mereka sudah menkombinasikan dengan API pemetaan milik mereka sendiri.

Sederhananya, jika Anda dapat menemukan data yang Anda butuhkan untuk aplikasi atau layanan Anda di tempat lain, Anda harus mencoba mengintegrasikannya. Jika Anda tidak dapat menemukan dengan tepat apa yang Anda cari, atau melihat peluang di mana data Anda akan lebih baik untuk kasus penggunaan tertentu, pikirkan tentang membangun API Anda sendiri. Menurut Harvard Business Review, Salesforce menghasilkan 50 persen dari pendapatannya melalui API. eBay dan Expedia berkaca dari feedback yang lebih besar dengan 60 persen dan 90 persen masing-masing dari mereka.

API memungkinkan aplikasi perangkat lunak untuk berbicara satu sama lain, mengerti. Tapi apa yang mereka katakan? Bahasa dan sintaksis API membatasi apa yang dapat Anda minta dan dapatkan kembali.

Contoh API

Biasannya API digunakan untuk mengintegrasikan layanan atau properti aplikasi Anda dengan aplikasi pihak ketiga lainnya. Mengapa membangun kembali Twitter untuk mengakses data pengguna publik ketika Anda dapat mengaksesnya dengan aman di tempat lain? API Twitter memungkinkan pengembang untuk mengakses semua jenis informasi profil, seperti pencarian pengguna, daftar blokir, tweet real-time, dan lainnya – untuk berbagai kasus penggunaan.

Misalnya, menggunakan API Twitter Anda dapat mengintegrasikan umpan balik Twitter ke website atau aplikasi Anda. Pernahkah Anda melihat tweet secara langsung berada di website perusahaan?

Ada juga bisnis yang dibangun di sekitar API dan kemampuan kreatifnya. Mengikuti contoh Twitter API, program pemantauan dan pendengaran sosial terintegrasi dengan API untuk mengumpulkan informasi dari berbagai platform media sosial.

Sekitan penjelasan dari API dari kami semoga informasi in bermanfaat ya teman teman.

Sprout Social menggunakan API untuk membantu merampingkan proses sosial bagi pelanggan mereka. “Kotak Masuk Cerdas” mereka menggunakan API Twitter, serta API dari situs sosial lainnya, untuk mengumpulkan data umpan ini semua di satu tempat.

Jika Anda membangunnya, mereka akan datang

Informasi sangat diminati. Data tambahan dapat sangat meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi Anda. Integrasi API membuat informasi cepat diakses oleh pengembang yang benar-benar membuat aplikasi. Itu akhirnya mengalir ke pengguna akhir dengan membuat aplikasi lebih mudah digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *